Peternak Susu Kambing Gerah dengan Serbuan Susu Kambing Malaysia

LUMAJANG: DPD Asosiasi Peternak Kambing Perah Indonesia (Aspekpin) Jawa Timur mengkhawatirkan membanjirnya produk susu kambing impor asal Malaysia ke Indonesia menyusul belum optimalnya usaha kambing perah skala industri.

Ketua Aspekpin Jatim Bambang Heriwahjudi mengatakan dari sisi potensi kambing ternak secara nasional maupun di Jatim sebenarnya sangat besar.

"Namun usaha susu perah kambing masih sangat terbatas dan skala-nya UMKM [usaha mikro kecil menengah], padahal jumlah kambing yang bisa diperah sangat besar khususnya jenis etawa. Namun, belum bisa optimal karena belum dikembangkan dalam kontek industri termasuk belum ada fasilitas industri pengolahannya," kata Bambang kepada Bisnis, di Senduro, Kabupaten Lumajang, hari ini, (Senin, 7/5).

Artinya, kata Bambang, proses usaha susu dari hasil memerah kambing ini belum tersambung dari hulu hingga hilirnya.

"Memang butuh keseriusan dari semua pihak khususnya pemerintah agar usaha produksi susu hasil pemerahan kambing ini dapat menjadi tuan rumah di negaranya sendiri," tegasnya. terlebih untuk prospek bisnis susu kambing di Lumajang

Kekuatiran itu perlu Bambang lontarkan mengingat saat ini pihaknya tela menenggarai adanya rembesan produk susu kambing impor dari Malaysia.

"Informasi bila produk susu kambing dari Malaysia sudah mulai membanjiri Indonesia, di antaranya hi-goat, dengan promosi gencar. Kondisi ini khan mesti diantisipasi, apalagi kebutuhan nustrisi susu nasional masih besar dan seharusnya ini bisa menjadi peluang bagi peternak sapi maupun kambing nasional," ujarnya.

Aspekpin sangat berharap agar  ada pengusaha di Indonesia, khususnya di Jatim yang berminat untuk investasi di bidang ini, mengingat potensi kambing perah yang ada di Jatim dan nasional sangat besar.

Data yang dihimpun Bisnis dari Aspekpin Jatim menunjukkan kawasan pegunungan Tengger masih yang terbanyak sebagai wilayah pengembangan ternak kambing untuk diperah susunya.

Untuk Kecamatan Senduro Kab. Lumajang memiliki populasi 12.000 ekor pada 2010, sedang di Kec. Ampel Gading, Kab. Malang berpopulasi  53.000 ekor. Kab. Probolingo ada sekitar 2.000 ekor.
Data ini belum termasuk kabupaten/kota lainnya di Jatim.

Bambang menambahkan bila perlu dikaji lagi sejauhmana potensi kambing tersebut secara lebih akurat, termasuk juga perlunya dukungan pembinaan, pemuliaan bibit kambing perah yang berkualitas maupun sarana prasarana kepada para peternak kambing perah. (k21/arh)

http://www.bisnis.com/articles/susu-kambing-peternak-khawatir-serbuan-malaysia

About the Author

toko higoat

Author & Editor

Kami adalah Stokist Resmi PT HR Marketing. Kami Menyediakan olahan Susu Kambing Saenan dalam bentuk bubuk dan tablet. Pruduk HR Marketing yang kami pasarkan adalah Higoat Original, Higoat Premium, Higoat Spirulina dan Higoat Tablet. Silahkan Hubungi kami jika anda berminat untuk order susu kambing higoat. HP/WA: 082131222659

Sebelum Order silahkan cek DAFTAR HARGA SUSU KAMBING HIGOAT ya

Contoh SMS:

"Order Higoat Original 3 box + Premium 4 Box + Higoat + Tablet 4 Box, Mike Rahmawati, Perum Citra Gran 2 No 999 Cibubur Jakarta Timur, Via BCA".

Kirim ke SMS/WA ke No HP: 082131222659 atau 085785586019 PIN BB 5F166544.

Tunggu Balasan kami berisi total biaya + nomor rekening + ekspedisi JNE.


Susu Kambing Higoat Iklan

 

Copyright © Agen Higoat Susu Kambing Mojokerto. All rights reserved. Otak atik by Agen Herbal Abe & Foredi Gel